Sabtu, 21 Juli 2012

Pengertian Dan Cara Kerja Proxy

Pengertian Dan Cara Kerja Proxy

(PROXY)
Dalam jaringan yang menerapkan sistem proxy, hubungan komunikasi ke internet dilakukan melalui sistem pendelegasian. Komputer-komputeryang dapat dikenali oleh internet bertindak sebagai “wakil” bagi mesin lainyang ingin berhubungan ke luar. Proxy server untuk (kumpulan) protokol tertentu dijalankan pada dual-homed host atau bastion-host, dimana seluruh pemakaijaringan dapat berkomunikasi dengannya, kemudian proxy server ini bertindaksebagai delegasi. Dengan kata lain setiap program client akan berhubungandengan proxy server dan proxy server ini lah yang akan berhubungan denganserver sebenarnya di internet. Proxy server akan mengevaluasi setiap permintaanhubungan dari client dan memutuskan mana yang diperbolehkan dan mana yangtidak. Bila permintaan hubungan ini disetujui, maka proxy server me-relaypermintaan tersebut pada server sebenarnya.
Ada beberapa istilah menunjuk pada tipe proxyserver, diantaranya proxy level aplikasi, proxy level circuit, proxygenerik atau khusus, proxy cerdas dll. Apapun jenis proxy yang digunakan, adabeberapa konsekuensi implementasi sistem ini:
pada umumnya memerlukan modifikasi client dan/atauprosedur akses serta menuntut penyediaan program server berbeda untuk setiapaplikasi.
Penggunaan sistem proxy memungkinkan penggunaan privateIP Address bagi jaringan internal. Konsekuensinya kita bisa memilih untukmenggunakan IP Address kelas A (10.x.x.x) untuk private IP address yangdigunakan dalam jaringan internet; sehingga komputer yang dapat tersambungdalam jaringan internal dapat mencapai jumlah jutaan komputer.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar